salam

Minggu, 04 Juli 2010



Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada 12 Robiul Awal tahun gajah. Dari pasangan Abdullah dan Siti Aminah, mengapa tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW disebut tahun gajah karena pada saat itu Mekkah akan dihancurkan oleh pasukan bergajah utusan Raja Abrahah.
Nabi Muhammad dilahirkan dari keluarga yang lurus sanadnya, baik dari ayah maupun ibunya. Rasululah dilahirkan dalam keadaan yatim, dalam hal ini ada beberapa hikmah yaitu: untuk pemurnian akidah Rasululah: karena cirri-ciri nabi terakhir adalah seorang yatim : lebih kuat dan mandiri. Ketika Nabi Muhammad memasuki usia mumayis 6 tahun ibunda Siti Aminah wafat dalam perjalanan ziarah ke makam suaminya. Kemudian beliau(Nabi Muhammad) diasuh oleh kakek tercinta abdul mutholib, tak lama kemudian kakeknya meninggal dan beliau diasuh oleh pamannya yang bernama Abu Tholib. Sejak tinggal dengan pamannya Nabi Muhammad bekerja sebagai penggembala kambing untuk membantu pamannya. Mengapa Rasululah diasuh oleh pamannya? hikmahnya adalah:
1. Abu Tholib adalah satu-satunya paman yang paling mencintai Abdullah
2. Beliau pandai mendidik anak
3. Cerdas, pandai berdagang, dan mempunyai keluarga yang stabil dan disegani para pembesar Quraisy.
Hal ini perlu untuk langkah awal kenabian. Karena untuk penataan jiwa Rasululah agar tidak diganggu. Setelah tumbuh dewasa Nabi Muhammad mulai membantu pamannya untuk berdagang. Dalam masa-masa tersebut terjadi banyak keajaiban, Dimana pun beliau berada beliau selalu dinaungi awan sehingga beliau satu-satunya Nabi yang tidak memiliki bayangan. Dari jarinya keluar air dadanya juga dibelah dan dibersihkan dengan air zam-zam untuk menghilangkan sisi negative kemanusiaan, membuktikan bahwa Rasululah adalah bukan sembarang manusia. Diperkenalkannya dari awal kehidupan Rasululah.
Suatu hari dalam perjalanan dagang bertemulah paman Rasululah dengan seorang pendeta dan peristiwa ini diabadikan didalam Al-Qur’an. Petikan dialok paman Nabi dengan pendeta: pendeta bertanya pada Abu Tholib “Apakah dia putramu?”
Paman Nabi menjawab:” ya dia adalah putraku”, kemudian pendeta berkata “ Engkau berbohong” karena tidak seorang pun yang duduk dipohon itu kecuali ia adalah Nabi dan Nabi terakhir atau adalah seorang yatim piatu dan pendeta itu menyuruh Abu Tholib untuk menjaga dan merawat Nabi Muhammad.
Nabi Muhammad adalah orang yang suka menolong sesame dan seorang yang jujur, baik hati, tidak sombong, dll. Pada usia 25 tahun Nabi Muhammad menikah dengan Siti khadijah saat itu Siti Khadijah berusia 40 tahun. Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi pada usia 40 tahun, Nabi Muhammad mendapatkan wahyu yang pertama kali yaitu Surat Al-alaq ayat 1-5 dan wahyu yang paling hebat yang diterima Nabi Muhammad adalah Al-Qur’an. Nabi Muhammad tak punya rasa putus asa dan rasa takuk dalam menyiarkan agama Islam walaupun mendapat banyak halangan dari kaum Quraisy.. tekat Nabi Muhammad sangat besar dalam menyiarkan agama Islam , ada dua cara yang digunakan Nabi Muhammad dalam berdakwah yaitu secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan. Sampai-sampai nabi Muhammad diusir dari Mekkah dan Hijrah k Madinah . banyak peperangan yang di Pimpin oleh Nabi Muhammad SAW melawan kaum Quraisy dan dimenangkan oleh kaum muslim.
Nabi Muhammad SAW adalah seorang Suri Tauladan(contoh yang baik). Dari kejujurannya Nabi Muhammad diberi gelar Al-amin, dan masih banyak gelar yang lain..

Banyak hikmah yang dapat kita ambil dari perjalanan hidup Nabi Muhammad diantaranya :
1. Keimannan dan ketaqwaa-Nya pada Alloh SWT
2. Kejujuran-NYA, kejujuran amat diperlukan dalam kehidupan dan kejujuran juga merupakan kunci sukses
3. Keberanian dalam mnjalani hidup
4. Beliau sangat Amanah
5. Suka Menolong
6. Semangat beliau yang tak pernah henti
7. Kesabaran-NYA
8. Rasa takut-NYA pada Alloh SWT
9. Kepandaian-NYA
10. Dalam hidup ini tak ada yang tak mungkin asal kita memiliki Niat yang kuat dan baik.
11. Kebijaksanaan beliau dalam mengambil keputusan
12. Hidup didunia ini hanya sekali maka pergunakan lah hidup ini dengan sebaikmungkin untuk mencari ridho dari Alloh SWT.
Dalam menjalani kehidupan ini keteladanan Nabi Muhammad SAW amat penting untuk kita miliki. Karena Nabi Muhammad adalah Suri Tauladan di dunia ini.
Saat saya dihadapkan pada dua pilihan , saya binggung mana yang harus saya pilih? Namun dari ilmu yang dibawa Nabi Muhammad yang ilmu itu tercantum dalam al-qur’an, say baca bahwa kiat-kiat muslimah dalam memilih, dan dari situ saya bisa mengambil suatu keputusan untuk memilihnya.
Kejujuran memang sangat penting dalam kehidupan kita dan kejujuran akan menimbulkan rasa kepercayaan maka setiap orang yang jujur pasti akan dipercaya, kejujuran,kepercayaan itu harus ada dalam hidup kita . ketika dipilih untuk menempati suatu jabatan saya yakin disitu seseorang yang memilih pasti percaya pada anda, namun kalau sudah dikasih kepercayaan/amanah jangan disalah gunakan.
Banyak pengalaman saya yang terinspurasi dari Nabi Muhammad SAW, karena beliau adalah Suri Tauladan.

Riset membuktikan The Top Ten in world :
1. Nabi Muhammad SAW
2. Isaac Newton
3. Jessus
4. Sidharta Ghautama
5. Confucious
6. St.Paul
7. Tsa’ilun
8. Johann Gutternburg
9. Christoper Colombus
10. Albert Eistein
Referensi buku Sirah Nabawiyah

0 komentar:

Posting Komentar

Sign in Twitter

Twitter

Sign in to Twitter

If you’ve been using Twitter from your phone, click here and we’ll get you signed up on the web.

Create Your Account

Already using Twitter
from your phone? Click here.

Sign In Facebook

Welcome to Facebook

iklan

Support Palestine